Simak Cara Dapet Kerja Online dengan Mudah

digitalskola

digitalskola

18 Desember 2022

Internet telah mengubah cara kerja manusia. Dengan kemajuan teknologi saat ini, siapapun bisa mendapat pekerjaan dari jarak jauh secara online. Fresh graduate yang masih minim pengalaman kerja atau bahkan belum ada pengalaman sama sekali, ada baiknya untuk mencoba daftar pekerjaan online ini. Simak tips cara dapet kerja online dengan mudah berikut ini ya!

Cara dapet kerja online (Photo by Giovanni Gagliardi on Unsplash)

Di bawah ini merupakan daftar pekerjaan dengan entry level yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih kerja online.

Jenis Pekerjaan Online Paling Populer

Untuk memastikan jika pekerjaan online di bawah ini cocok denganmu, coba perhatikan skill apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut. Jika dirasa siap untuk bekerja secara remote, kamu bisa memilih salah satu roles ini.

Customer Service Representative

Customer service representative adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dengan pelanggan secara online. Menjadi customer service representative itu berarti kamu harus memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi. Selain itu, pastikan juga bahwa pelanggan selalu puas dengan produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan. 

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi customer service representative tidak lain adalah komunikatif, responsif, persuasif, dan berempati.

Virtual Assistant 

Virtual assistant sederhananya sama dengan profesi asisten pribadi atau sekretaris, hanya saja banyak dilakukan secara online. Lingkup pekerjaannya ada di bidang administratif, baik dalam membantu bisnis maupun individu. Jika kamu mampu menguasai bahasa asing dengan baik, tentunya ini akan membuka kesempatan lebar, karena di Indonesia sendiri pekerjaan ini masih jarang dibutuhkan, berbeda dengan di luar negeri, justru banyak perusahaan luar yang menawarkan kesempatan ini.

Untuk menjadi VA, kamu memerlukan skill komunikasi yang baik, menguasai Microsoft Office, dan manajemen waktu yang baik.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah strategi marketing/bisnis dimana seseorang yang bertugas yang menjadi afiliator akan mendapat sejumlah komisi setelah berhasil menjual atau mempromosikan produk perusahaan. Menariknya, saat ini kamu tidak perlu repot mempromosikan barang dari pintu ke pintu, melainkan bisa mempromosikannya lewat konten media sosial seperti di TikTok atau Instagram.

Untuk mempermudah kamu membuat konten marketing yang bagus, kamu perlu skill riset audiens, content creation, editor video. Tenang saja, semua skill yang diperlukan bisa kamu pelajari sendiri melalui video tutorial yang ada di internet. 

Social Media Management

Sudah tidak asing lagi saat banyak bisnis atau brand menggunakan media sosial sebagai wadah berpromosi, hal ini justru menjadi kewajiban bagi setiap brand agar hadir di media sosial. Dengan begini, banyak juga brand-brand yang membutuhkan tenaga social media marketer untuk membantu aktivitas media sosial mereka. Pekerjaan ini akan cocok bagi kamu yang senang explorasi media sosial dan menyukai pembuatan konten baik berupa foto, video, atau audio. 

Pekerjaan ini masih memungkinkan untuk dilakukan secara online, apalagi jika kamu membuka jasa freelance, banyak pebisnis yang mencari posisi ini lewat jasa freelancer. Skill apa saja yang harus dimiliki jika ingin mengisi posisi social media management? Tidak jauh berbeda dengan online affiliate marketing, kamu membutuhkan kreativitas tinggi untuk menciptakan konten-konten yang berengage agar bisa menarik perhatian pembeli online. 

Content Writer

Kamu yang suka menulis, maka kamu akan bisa bekerja dimana saja sebagai content writer freelancer. Menjadi seorang writer, berarti kewajiban utamanya adalah membuat konten yang bermanfaat untuk pembaca. Umumnya, media untuk mempublikasi hasil tulisan yang berupa artikel diunggah di blog perusahaan. Tapi, selain menjadi content writer, kamu bisa merangkap pula menjadi copywriter yang bertugas untuk menciptakan tulisan persuasif, kreatif, dan mudah diingat agar dapat menarik banyak perhatian pembeli.

Untuk menjadi content writer, berarti setidaknya kamu harus memahami dulu strategi SEO, dan juga teknik menulis. 

Survey Taker

Percaya atau tidak, banyak penyedia jasa survey online yang bisa membayar kamu ketika mengisi survey untuk kepentingan bisnis. Biasanya, survey akan ditemukan di media sosial, maka untuk mencari sampingan pekerjaan online sebagai survey taker, kamu harus rajin cek atau juga bisa ikut komunitas pengisi survey online seperti di Telegram, karena selain dari perusahaan, biasanya banyak juga mahasiswa tingkat akhir yang sedang menjalankan skripsi, membutuhkan banyak orang untuk menjadi responden penelitian.

Tips Cara Dapet Kerja Online tanpa Pengalaman yang Relevan

Perjelas Keterampilan yang Dibutuhkan

Setelah memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan minatmu, pastikan keterampilan yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Secara umum, keterampilan berikut sangat penting untuk dimiliki setiap pelamar kerja online.

Komunikasi

Dalam bidang apa pun, keterampilan komunikasi akan selalu dibutuhkan. Dengan komunikasi yang baik, memungkinkan kamu untuk berpartisipasi secara aktif di seluruh kegiatan online mulai dari meeting, hingga brainstorming. Karena basis kerjanya online, komunikasi tertulis yang kuat sama pentingnya untuk berkomunikasi melalui email atau grup chat.

Time Management

Bekerja di kantor dengan lingkungan yang berbeda, dimana sebagian besar pekerjaan dilakukan tepat pada jam kerja, mungkin dapat membuat kamu lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan. Berbeda, ketika kamu bekerja secara online, kamu dapat dengan mudah terganggu di rumah oleh suara TV di kamar sebelah, internet yang lambat, atau bahkan notifikasi media sosial. Hal ini, tentu dapat menyebabkan tugas jadi tertunda, jadi penting bagi kamu untuk mengatur waktu dengan benar.

Baca juga: 6 Tips Jitu Time Management yang Lebih Efektif

Kemampuan Bekerja Sendiri

Jika sebelumnya, baik di sekolah atau di bangku kuliah kamu terbiasa untuk melakukan pertemuan tatap muka rutin dengan teman lainnya, bekerja di rumah bisa mengurangi motivasi kamu bekerja jika kamu sangat bergantung dengan lingkungan sosial seperti itu. Oleh karena itu, kamu harus membuktikan bahwa kamu dapat bekerja secara mandiri, meski tidak terbiasa dengan lingkungan seperti itu sebelumnya.

Pelajari Skill Baru

Jika ada pekerjaan yang kamu minati, tetapi kamu tidak yakin dengan skill yang kamu punya. Kamu dapat mempelajari skill tersebut dengan mempertimbangkan untuk mengikuti kursus online, ada banyak opsi gratis atau yang berbiaya rendah untuk membantu kamu mempelajari skill baru. Atau paling tidak, kamu bisa menonton video tutorial di Youtube sebagai metode pembelajaranmu.

Berkomitmen Menjadi Remote Worker

Tunjukkan bahwa kamu dapat diandalkan menjadi pekerja jarak jauh. Atasanmu mungkin tidak akan bertemu secara langsung setiap hari. Namun, mereka tentu ingin mengetahui apakah kamu bisa tepat waktu dan tidak akan kesulitan jika bekerja sendirian. Maka perlu diperhatikan agar bisa menjaga keterampilan komunikasi, time management, dan beradaptasi bekerja secara mandiri. 

Top Website Cari Kerja Online

Sekarang setelah kamu memiliki gambaran singkat tentang bidang pekerjaan paling populer dan menarik untuk pekerjaan online, kamu harus tahu dimana menemukannya. Kamu dapat mencoba beberapa situs pencarian kerja populer yang tercantum di bawah ini:

  1. Indeed Jobs
  2. Glassdoor
  3. LinkedIn
  4. Google Careers
  5. Monster
  6. ZipRecruiter
  7. SimplyHired
  8. CareerBuilder
  9. SnagaJob
  10. USAJobs

Nah, itu tadi beberapa pilihan pekerjaan yang bisa kamu lakukan secara remote. Jika diperhatikan, pekerjaan di bidang digital banyak peluang untuk kerja online. Apalagi, mengingat bukan hanya untuk perusahaan di dalam negeri saja, melainkan juga dibutuhkan oleh perusahaan di luar negeri.

Dengan begitu, mari tingkatkan skill digitalmu bersama program Bootcamp Digital Skola dengan peluang diterima kerja setelah lulus program. Mau tahu apa saja program yang ditawarkan oleh Digital Skola? Klik tombol di bawah untuk info lengkapnya ya!