Rekomendasi Bootcamp UI/UX Langsung Praktik

digitalskola

digitalskola

11 Desember 2022

Bootcamp UI/UX
  Bootcamp UI/UX (Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash)

Pesatnya perkembangan teknologi di dunia termasuk Indonesia membuat munculnya beberapa profesi baru di bidang teknologi, salah satunya adalah UI/UX designer. Pekerjaan ini pun sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, bahkan UI/UX designer termasuk salah satu profesi most in-demand design job (Sumber: dribbble). Menariknya, untuk terjun ke profesi ini kamu tidak harus memiliki latar belakang kuliah IT atau design, kamu bisa asah skill yang dibutuhkan dengan cara mengikuti bootcamp UI/UX yang memberikan tak hanya memberikan pemahaman teori tapi memfasilitasi kamu untuk bisa praktik langsung.

Meskipun memiliki nama yang mirip, UI dan UX adalah kedua pekerjaan yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. UI designer bertanggung jawab untuk mendesain segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan seperti desain, tata letak, warna, font, hingga gambar agar sebuah website atau aplikasi terlihat lebih menarik. Sedangkan, UX designer bertanggung jawab untuk riset kebiasaan dan keperluan pengguna lalu mengimplementasikan data tersebut untuk membuat menciptakan pengalaman yang lancar dan intuitif pada saat user menggunakan website atau aplikasi. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa profesi UI dan UX designer saling melengkapi satu sama lainnya. 

Jika melihat berbagai laman pencari kerja, gaji yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan untuk profesi UI/UX designer berbeda-beda. Namun, rata-rata gaji UI/UX designer di Indonesia berkisar antara 7-16 juta/bulan bergantung pada posisi jabatan pada perusahaan. Jika kamu tertarik untuk terjun ke bidang ini, kamu bisa mengambil langkah cerdas dengan mengikuti bootcamp UI/UX. 

Lantas, apa saja yang harus kamu praktikan agar bisa meraih profesi ini? Dan di mana bootcamp UI/UX yang menyediakan fasilitas untuk praktik langsung? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: 6 Cara Jadi UI UX Designer Tanpa Harus Kuliah

Bootcamp UI/UX: Materi yang Harus Dipraktikkan

  Bootcamp UI/UX (Photo by UX Indonesia on Unsplash)

Sebelum mulai mendalami materi yang berkaitan dengan UI/UX, kamu harus mengenal dulu profesi UI/UX design secara umum hingga peran UI/UX designer. Setelah itu,  untuk bisa jadi UI/UX designer adalah mempelajari dan mempraktikkan berbagai materi terkait UI/UX design, diantaranya:

UX Writing

UX writing adalah salah satu elemen penting dalam UX design. Singkatnya, UX writing adalah membuat tulisan untuk mempermudah pengalaman user saat menggunakan produk aplikasi atau website. Selama mengikuti bootcamp UI//UX, kamu harus mempraktikan menulis UX writing pada suatu aplikasi atau website dengan cara melakukan redesign terhadap layanan yang sudah ada dan diganti dengan UX writing yang lebih efektif.

Materi Bootcamp UI/UX: Design 

Berbicara mengenai UI/UX designer, tidak akan bisa lepas dari bidang design. Oleh karena itu, saat mengikuti bootcamp UI/UX pastikan kamu mempraktikan:

  1. Proses desain mulai dari empathize, define, ideate, prototype dan test
  2. Membuat diagram tahapan-tahapan design thinking
  3. Menganalisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) dan menganalisis kompetitor
  4. Menentukan problem statement dan membuat affinity map
  5. Mengkonversi UI yang sudah dibuat ke tampilan desktop dan tablet (Android & iOS).
  6. Membuat desain dashboard yang sederhana sekaligus menentukan layout
  7. Melakukan wawancara pengguna untuk dijadikan sampel
  8. Membuat mandat desain berdasarkan diagram research and affinity
  9. Membuat user persona dan user journey.

Usability Testing

Usability testing adalah pengujian yang dilakukan agar kamu bisa mengetahui user experience dari desain produk di website atau software. Saat mengikuti bootcamp UI/UX kamu harus mempraktikan:

  1. Membuat rencana usability testing, seperti menentukan tujuan, membuat skenario, timeline, dan metode testing
  2. Membuat laporan usability testing 
  3. Melakukan usability testing menggunakan berbagai tools 

User Flow & Wireframe

Selanjutnya, kamu juga harus mempraktekkan cara membuat user flow dan wireframe dengan fidelitas rendah menggunakan Figma atau Miro.

Prototype

Terakhir tak kalah penting, kamu harus mempraktekkan cara membuat prototype clickable dari desain dengan fidelitas tinggi.

Rekomendasi Bootcamp UI/UX Langsung Praktik

Setelah mengetahui materi yang harus dipraktikkan agar bisa menjadi UI/UX designer andal, waktunya kamu untuk memilih bootcamp UI/UX yang memberikan kamu kurikulum yang bisa praktik langsung materi-materi penting yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satunya bootcamp UI/UX Digital Skola. Selain kamu dapat kurikulum lengkap yang bisa dipraktekkan langsung, kamu juga akan dapat fasilitas lain seperti:

  1. Job connector
  2. Certificate of completion
  3. 3 Design portfolio (Desktop, iOS, dan Android)
  4. Portfolio hacks
  5. Professional branding
  6. Weekly performance report
  7. Tutor consultation outside of class

Tunggu apa lagi? Mulai karier di bidang UI/UX design sekarang! Klik tombol di bawah ini untuk informasi lengkapnya: